MENANGKARKAN JALAK SUREN

Standar

Jalak Suren / Jalak Uren

(Sturnus contra)

 

Klasifikasi Ilmiah Burung Jalak :

Kerajaan        : Animalia

Filum              : Chordata

Kelas              : Aves

Ordo               : Passeriformes

Famili             : Sturnidae

Marga             : ¤ Sturnus               Jalak Suren (Sturnus contra)

                                                            Jalak Putih (Sturnus melanopterus)

                          ¤ Leucopsar          Jalak Bali (Leucopsar rothschildi)

                          ¤ Acridotheres      Jalak Kerbau (Acridotheres javanicus)

 

Di Jawa pada sekitar tahun 1980an masih banyak burung jalak suren di alam bebas. Di sekitar kita burung ini sering berkeliaran secara  bergerombol mencari makan di lahan persawahan. Namun untuk masa sekarang sangat jarang ditemukan spesies burung ini, habitat yang ada saat ini mungkin tinggal di hutan atau di rawa-rawa. Semakin langkanya jalak suren justru semakin memacu pecinta burung berkicau untuk mencari dan memilikinya. Bagi pecinta burung berkicau jalak suren disukai karena mempunyai suara kicau yang khas dan keras dengan nada nyaring / tinggi.

Semakin langkanya burung jalak suren ditemukan di alam bebas menjadikan alasan bahwa penangkaran burung ini penting dilakukan. Dipandang dari segi kelestarian satwa maka penangkaran jalak suren akan berarti ikut menjaga agar spesies burung ini tetap lestari tidak punah. Namun demikian ada aspek penting lain yang mendorong orang untuk mengembangbiakkan burung ini yaitu aspek ekonomi dimana penangkaran jalak suren  menjanjikan keuntungan yang cukup tinggi.

 

PENANGKARAN

 A. INDUKAN

Syarat utama dalam menangkarkan / mengembangbiakkan jalak suren tentu saja adalah harus ada indukan. Untuk memperoleh indukan (jantan dan betina dewasa yang sudah jodoh) dapat dilakukan dengan cara :

 

1) Membeli indukan.

Cara ini adalah cara yang praktis dan cepat. Namun demikian untuk mendapatkan indukan yang benar-benar bagus memerlukan biaya yang tinggi. Saat ini harga 1 pasang indukan bagus berkisar 2 juta – 2,5 juta rupiah . Indukan yang bagus adalah ”indukan yang menghasilkan keuntungan tinggi”. Biasanya indukan ini adalah indukan muda yang sudah pernah bertelur 2 sampai 5 kali dengan hasil yang bagus artinya telur yang dihasilkan fertil dan menetas. Dari beberapa kali bertelur tersebut dapat dinilai hal untuk dipertimbangkan :

  •  berapa biasanya telur yang dihasilkan untuk 1 kali masa pengeraman. Rata-rata jalak suren mengerami 3 telur, namun ada juga yang mengerami 2 telur dan 4 telur.
  • berapa tingkat penetasan telur yang dierami tersebut. Banyak kejadian dalam 1 kali pengeraman telur hanya menetas sebagian saja atau bahkan tidak menetas semua. Telur yang tidak menetas bisa disebabkan karena memang infertil tidak dibuahi atau bisa juga disebabkan telur fertil tetapi dalam proses pengeraman terjadi gangguan sehingga embrio tidak berkembang, dan ini salah satu sebabnya adalah karena perilaku induknya dalam masa mengerami. Gangguan oleh induk bisa karena jantan dan betina sering berebut mengerami sehingga justru telur terbengkelai, atau bahkan ada perilaku dari indukan yang suka membuang telurnya tanpa sebab yang jelas.
  •  tentunya kondisi fisik indukan dan kesehatannya juga perlu dijadikan bahan pertimbangan

 

2) Membuat indukan dari anakan.

Cara ini memerlukan waktu yang cukup lama. Jalak suren mulai produktif pada umur sekitar 10 – 12 bulan. Keuntungan dari cara ini adalah indukan burung benar-benar diketahui masih muda jadi masih mempunyai masa bertelur yang panjang dan indukan jantan betina adalah pasangan yang seimbang umurnya. Total biaya yang dikeluarkan juga lebih kecil, bila 2 ekor anakan burung harganya 500 ribu maka biaya pembesaran sampai umur dewasa tidak sampai 500 ribu jadi total kurang dari 1 juta. Apakah mudah membuat indukan jalak suren ? Jawabnya adalah mudah untuk membesarkan sampai dewasa tetapi cukup sulit untuk menjodohkan. Hal ini karena ”dengan cara biasa sangat sulit atau bahkan tidak bisa membedakan jenis kelamin jantan dan betina dari burung ini bila umurnya masih muda”. Karenanya untuk membuat indukan dapat dilakukan dengan membesarkan jalak suren anakan dalam jumlah banyak dan dipelihara dalam satu kandang berukuran besar. Dalam kandang pembesaran tersebut pada saatnya akan diseleksi jantan dan betina setelah ciri-ciri jenis kelaminnya tampak.

 

Ciri-ciri umum jalak suren jantan : ukuran tubuh lebih besar dengan tubuh berbentuk lurus, lonjong dan panjang (burung betina memiliki tubuh cenderung bulat dan pendek). Kepalanya bulat dan besar dengan paruh tampak lebih kuat dan panjang. Warna merah pada kulit sekitar mata tampak lebih menyala. Bulu-bulu burung jantan memiliki warna hitam lebih legam dan mengkilat sedangkan warna putihnya lebih bersih. Ekornya lebih panjang. Jari-jari kakinya tampak lebih kokoh. Apakah ciri-ciri tersebut akurat untuk menentukan jantan dan betina? Karena sifatnya komparasi atau perbandingan maka cara ini sebaiknya tidak untuk diterapkan pada setiap kondisi. Mungkin ciri-ciri tersebut bisa membantu kalau burung yang diseleksi mempunyai keseraman umur, habitat, makanan dan lainnya seperti dalam kandang pembesaran. Sebagai contoh adalah  walaupun sama-sama berkelamin jantan, warna merah disekitar mata akan lebih menyala pada burung dengan umur lebih dewasa, habitat / kandangnya cukup terkena panas matahari langsung, makanan tercukupi dan mempunyai nutrisi tinggi.

Ciri-ciri khusus jalak suren jantan : ciri-ciri yang digunakan untuk membedakan jenis kelamin jalak suren yang paling akurat dan dapat dilakukan dengan relatif mudah adalah ”jalak suren jantan mempunyai warna kebiruan didaerah sekitar kloaka sedangkan jalak suren betina tidak”. Namun ciri-ciri ini hanya bisa diamati bila burung sudah berusia dewasa kurang lebih 10 bulan. Warna kebiruan mula-mula tidak terlalu jelas dan akan menjadi jelas seiring bertambahnya umur burung.

 

Bila sudah dapat dibedakan jenis kelaminnya maka jalak suren dapat dipindahkan dari kandang pembesaran ke kandang penangkaran. Caranya adalah dengan memasukkan 1 jantan dan 1 betina dalam kandang penangkaran atau dengan kata lain dipaksa untuk berjodoh. Apabila jalak suren menunjukkan sikap saling menyerang maka dapat dilakukan salah satu burung dimasukkan kandang kecil dan digantungkan dekat dengan kandang penangkaran. Selain itu bisa menggunakan kandang khusus untuk menjodohkan yaitu kandang berbentuk memanjang dengan tengahnya diberi penyekat tembus pandang dengan pintu penghubung yang bisa dibuka tutup, burung jantan dan betina masing-masing dimasukkan pada ruang kanan dan kiri.

 

Indukan jalak suren : burung jantan dan betina jodoh dan siap berkembang biak dicirikan dengan kicauan saling bersahutan dengan bulu-bulu kepala tegak dan gerakan khas.

 

B. KANDANG

Kandang penagkaran

Kandang penangkaran yang paling ideal adalah yang paling mirip dengan kondisi habitat alaminya di alam bebas. Ukurannya luas dan terdapat pohon-pohon di dalamnya. Namun demikian kandang seperti tersebut di depan bukanlah pilihan terbaik bila penangkaran jalak suren diorientasikan untuk diambil keuntungan rupiahnya karena tidak efisien ruang dan tingkat kesulitan perawatan lebih tinggi. Kandang penangkaran sederhana tetapi layak dan tetap mampu memberi hasil yang baik dapat dibuat dengan ukuran 1m x 1m x 2m (P x L x T).

Di dalam kandang disediakan tempat hinggap 1 atau 2 buah. Sebaiknya tempat hinggap diletakkan agak dipinggir agar tidak menggangu aktifitas terbang burung di dalam kandang tetapi juga tidak terlalu dekat dengan dinding agar bulu ekor tidak rusak karena bergesekan dengan dinding. Tempat hinggap dapat dibuat dari bambu ataupun kayu memanjang. Perlu juga disediakan kotak untuk bersarang dan bertelur dapat berbentuk persegi panjang 40cm x 25cm x 25cm (P x L x T). Bagian atas dan depan kotak tidak perlu ditutup, dibagian depan perlu disisakan papan untuk hinggap dan sekaligus tempat perkawinan jalak suren. Kotak sarang diletakkan di bagian dalam kandang sebelah atas dengan arah pintu kotak tidak menghadap ke arah muka kandang penangkaran agar jalak suran yang sedang mengerami telur tidak mudah terganggu oleh aktifitas manusia di sekitar kandang.

Tempat makan dapat ditaruh didepan agar mudah dijangkau. Makanan jalak suren lazimnya adalah voer / poer burung dengan makanan tambahan pisang, cacing atau jangkrik. Tempat minum sebaiknya mempunyai ukuran cukup besar bila sekaligus difungsikan sebagai tempat mandi, jalak suren mempunyai kebiasaan suka mandi. Media sarang berupa daun cemara kering dapat diberikan dilantai kandang secukupnya sekedar untuk pancingan. Bila terlihat jalak suren mulai membawa media sarang tersebut ke dalam kotak sarang barulah daun cemara kering tersebut diberikan lebih banyak agar cukup bagi jalak suren untuk membuat sarang didalam kotak. 

 

Kandang penangkaran : mempersiapkan kandang penangkaran. Dalam gambar tampak model berukuran 1m x 1m x 2m (P x L x T). Bahan dinding kandang dapat berupa papan, eternit / asbes, anyaman bambu atau dengan bahan dinding permanen berupa batu bata / batako.

 

Kandang pembesaran

Kandang ini hanya diperlukan bila akan membuat indukan dari jalak suren anakan yang banyak (ombyokan). Prinsipnya mirip dengan kandang penangkaran hanya saja berukuran lebih besar dan tidak perlu diberi kotak sarang.

 

Kandang pembesaran :  ukurannya bebas asal cukup luas bagi jalak suren yang ada di dalamnya. Bila beruntung pada saat umur dewasa dapat didapatkan indukan-indukan sudah berjodoh sendiri dimana menunjukkan tanda-tanda jalak suren berpasangan. Burung yang sudah bejodoh dalam kandang pembesaran dapat diambil dengan terlebih dahulu diberi tanda misalnya ditembak dengan sprayer air dengan pewarna teres / sumba makanan.

 

B. MULAI PRODUKTIF

Indukan jalak suren yang sudah menunjukkan tanda-tanda jodoh / berpasangan ditempatkan dalam kandang penangkaran dengan perlakuan yang agak khusus terutama kebutuhan nutrisi makanan harus tercukupi. Dapat dilakukan dengan memberi makanan tambahan lebih intensif berupa jangkrik atau cacing karena mempunyai kandungan protein tinggi. Setelah melalui proses perkawinan dan membuat sarang pasangan jalak suren akan bertelur dan mengerami. Satu pasang jalak suren pada umumnya bertelur 3 butir. Namun ada juga yang bertelur 2 atau 4 butir. Walaupun biasanya jumlah telur akan mempunyai kecenderungan tetap untuk satu pasangan jalak suren, namun ada kalanya dapat berubah karena faktor makanan, umur atau sebab lainnya. Jalak suren yang cenderung bertelur 4 butir tentu saja sangat istimewa dan sangat diharapkan apalagi bila dalam proses selanjutnya telur-telur tersebut menunjukkan fertil dan induknya mampu mengerami dengan baik sehingga menetas semua.

Telur burung jalak suren : berwarna hijau, bandingkan ukurannya dengan telur ayam kampung dan telur bebek

 

Telur jalak suren yang dierami induknya akan menetas setelah 14 hari. Misalnya jalak suren bertelur pertama tanggal 1 maka akan menetas pada tanggal 15. Setelah 7 – 10 hari dari telur menetas indukan akan bertelur lagi, jadi rentang waktu jalak suren bertelur ke waktu bertelur selanjutnya kurang dari 25 hari. Dengan kata lain kurang dari 1 bulan indukan akan menetaskan telur berikutnya.

Anak jalak suren yang baru menetas sebaiknya segera diambil beserta telur yang masih belum menetas. Anak burung dipindahkan ke dalam box penghangat. Pemberian makan pertama dapat dilakukan setelah 3 – 5 jam dari saat telur menetas. Makanan berupa kroto (telur semut pohon/ngangrang) yang dibasahi dengan air hangat, bisa juga diberi cacing yang terlebih dahulu dipotong-potong.

Sedangkan telur yang belum menetas dimasukkan ke dalam alat penetas telur. Telur yang akan menetas bila diamati sudah terdapat retakan-retakan kecil pada kulitnya. Kalau dihadapkan pada matahari atau lampu telur sama sekali gelap tidak tembus pandang. Telur yang tampak terang berarti telur infertil dan tidak akan menetas. Alat tetas walaupun sederhana tetapi sebaiknya menggunakan alat pengatur kestabilan temperatur yang biasa disebut termostat. Temperatur untuk menetaskan telur jalak suren berdasar pengalaman mempunyai hasil baik pada suhu 37° Celcius. Suhu 36,5°C sampai dengan 38°C merupakan suhu yang optimal. Kelembaban udara dalam alat penetas perlu dijaga agar cukup tinggi yaitu kelembaban > 50 %, dengan kelembaban tinggi akan menjadikan kulit telur remah tidak kering liat dan keras sehingga embrio lebih mudah memecahkan cangkang telur. Dapat dengan cara menyemprotkan air hangat menggunakan sprayer yang diset kabut / butir air sangat halus, atau bisa pula dengan meletakkan cawan di dalam alat penetas yang diisi air hangat.

Telur menetas di dalam alat tetas : telur jalak suren menetas setelah dierami 14 hari oleh induknya. Telur yang sudah siap menetas dapat pula diambil untuk ditetaskan dalam alat penetas.

 

Anak jalak suren (piyik) yang sudah menetas diambil dan dipindahkan ke dalam box penghangat dijadikan satu dengan anakan lainnya yang seusia, agar mudah dalam parawatan dan pemberian makan. Piyik umur 0 – 3 hari dapat diberi makan kroto yang dibasahi air hangat. Umur 4 – 6 hari diberi kroto yang dicampur dengan air voer /poer. Umur 7 hari sudah dapat diberi makan voer yang basah dan dihaluskan. Umur 14 hari anakan dapat dikeluarkan dari box penghangat. Sampai umur kira-kira 1,5 bulan anakan disuapi voer basah, dan sedikit-sedikit akan mulai berlatih makan sendiri. Pada umur 2 bulan anakan jalak suren sudah bisa makan sendiri voer kering. Pada umur 2 – 3 bulan anakan dapat dipindahkan ke kandang pembesaran bila dimaksudkan untuk dijadikan indukan atau akan dijual pada usia dewasa.

 

Catatan kecil :

§        *  Harga piyik pecah telur saat ini 150rb / ekor

§        *  Harga anakan umur 3 bulan sekitar 250rb – 300rb / ekor

§        *  Harga jalak uren dewasa siap dijodohkan 500rb / ekor

§         * Harga indukan yang sudah jodoh tetapi belum bertelur 1 – 1,5 juta

§         * Harga indukan muda dengan sejarah bertelur yang baik diatas 2 juta / pasang

            Bila ada yang menjual indukan dengan harga murah misalnya 1,3 juta kemungkinannya adalah :

-          Umur antara jantan dan betina indukan tersebut terpaut jauh, sehingga nantinya akan mengurangi masa produktifnya karena salah satu induk sudah terlalu tua lebih dahulu. Tanda yang sangat sederhana untuk menaksir usia jalak suren dapat dilihat pada kaki bawah yang tidak ditumbuhi bulu. Kaki jalak suren muda masih berukuran relatif kecil dengan penampang relatif bulat. Semakin tua umurnya akan tumbuh semacam sisik atau kulit keras pada kaki ini. Sisik kaki yang semakin tebal dengan sudut semakin tajam (nglingir) dapat diperkirakan bahwa umurnya semakin tua.

-          Indukan mempunyai sejarah bertelur yang kurang baik : sebagian telur atau seluruhnya sering tidak menetas karena infertil atau sebab lain, induk mempunyai kebiasaan mematuk dan membuang telur pada masa-masa mengerami.

-          Indukan kondisinya tidak sehat

-          Dan kemungkinan yang lain adalah : ANDA MEMANG BERUNTUNG !

 

 

SELAMAT MENCOBA

 

 

www.pelangidanbidadari.wordpress.com                                   19 Agustus 2011

 

 

 

121 responses »

      • Membedakan jenis kelamin JS anakan bisa dikatakan tidak bisa / sangat sulit boss. Ciri yg pasti baru dapat diamati klu JS sdh dewasa 10 bulan lebih. Smentara ciri fisik spt bentuk badan dll sifatnya msh menduga.2 dr pengalaman

  1. Mohon info manajemen anakannya dong bos,, maksudnya gini, anakan yang baru menetas kan langsung diambil, kemudian dikasih makan setelah 5 jam, kemudian mohon dijelaskan seberapa banyak pakan yang harus diberikan,
    Dan juga berapa lama frekuensi pemberiannya (satu jam sekali / ???)
    Trims..

  2. misa gan mau nanya ni, ngasih makan anakan tiap berapa jam sekali dan apa tengah malam juga harus memberi makan, terima kasih

  3. @@@ All
    *apakah boleh bila pengambilan anak jalak suren beberapa hari stelah menetas ? Pada prinsipnya bisa sj krn di alam anak jalak suren jg dibesarkan induknya dg cara disuapi. Yg perlu diperhatikan adalah harus disediakan makanan alami yg cukup : kroto, jangkrik atau cacing. Makanan ini akan dilumatkan oleh induk lalu disuapkan ke anaknya. Namun demikian. . .pernah jg anak jalak yg telat sy ambil hilang ditelan sang induk.
    **manajemen anakan, stelah menetas disuapi dg rentang 2-3 jam, unt malam hari terakhir memberi makan jam 21.
    Tks

  4. Saya ditawari jalak suren harga 950 plus kandang..
    Udah jinak sih..
    Katanya umurnya udah 1 tahun..
    Tapi warna kemerah”an di sekitar mata kok agag pucat ya?
    Gag merah gitu

    Saya bingung ini..
    Itu jalak cewek apa jantan..
    Tapi ocehanya jos

  5. @reza, Umur 1 tahun kadang tanda jantan berupa warna biru disekitar anus sdh tampak boss walau mungkin msh samar2, coba diliat ya
    @cipto, Silahkan boss. . . By pass jalan lingkar Klaten kota sisi selatan, sampai stasiun KA ke arah timur ada per4an yg ada plang penunjuk ke Jombor. Ikuti jalan ke selatan tsb nti melewati daerah Jimbung. Nyante sj jalan pelan putar2 daerah tsb silahkan menikmati suasana khas hampir dr stiap rumah terdengar kicau jalak suren dlm jumlah banyak. Biasanya anakan atau bakalan digantung depan rumah. Cocok silahkan dibeli, klo tdk yah lanjut maju sdikit lg aja sampai Warung Apung Rawa Jombor istirahat smbil wisata kuliner. Sy tinggal di Jimbung jg.

  6. Boss konsul bos,
    1. Saya punya sepasang JS sudah pernah netasin telonya sekali, tapi sekarang JS jantan selalu ngacak2 sarangnya, gimana solusinya no bos??
    Ini sudah berlangsung 3 Minggu an, JS sudah tidak lagi saya kasih jangkrik, untuk voer saya biasa pakai pelet lele. Tolong share solusinya ya bos..
    2. Klo diklaten (Jimbung) tuh kan banyak penangkar JS kira2 apakah harganya lebih murah? Misah saya mau beli JS betina dewasa harga berapa ya bos?
    3. trims

  7. @jejak mimpi, coba dicek kondisi sarangnya, bila sdh cukup lama bahan sarang akan hancur mjd potongan2 pendek agak padat dan mjd spt tanah, menyebabkan tdk nyaman dan secara naluri indukan bermaksud membuang tetapi kesulitan. Sebaiknya secara kontinyu sarang dibuang dibersihkan total 2-3 bulan. Beri sdikit daun cemara kering dikotak sarang unt pancingan dan sediakan daun cemara yg cukup banyak dilantai kandang, jalak akan dg cepat menyusun sarang kembali. Kemungkinan ke.2 jantan sdh kondisi birahi tetapi betinanya blm, sering ditandai jantan mengejar betinanya tetapi tdk ditanggapi. Usahakan beri jangkrik ke betinanya sj yg cukup banyak, bs dg cara handfeeding/dg tangan langsung. Voer sbaiknya pakai yg unt burung sj, yg kiloan murah kok 6rb/kg (voer unt burung puyuh anakan) Burung jalak dewasa skr betina 450-500rb, jantan 550-600rb. Semoga membantu.

    • OK Terimakasih Tipsnya Bidadari Kecil….
      Klo Boleh mo order Postingan khusus cara sexing JS, saya dah berulang kali meniup bulu didaerah kloaka untuk melihat warna kebiruan/kemerahan tapi tetap saja tidak bisa membedakannya, apa harus agak ditekan /atau gimana? Syukur2 ada fotonya.

  8. @ibnu hajar. Boss tdk salah persepsi kan? Tanda jalak jantan berupa warna kebiruan BUKAN didalam kloaka/anus tetapi DILUAR, DISEKITAR LUBANG ARAH BAWAH. Biasanya ditumbuhi bulu halus, agar mudah mengamatinya basahi bulu halus tsb dg sdikit air.
    Catatan :
    *bila tampak warna kebiruan SUDAH PASTI jantan
    *bila tidak tampak warna kebiruan BELUM TENTU betina, bisa sj jantan tetapi blm dewasa.
    Tks

    • Wah… bisa jadi bos… he he he h..
      selama ini saya kira warna kebiruam melingkar di sekitar kloaka bagian dalam.
      Jadi warna kebiruannya dibawah kloaka ya bos, terus motifnya seperti apa? melingmkari kloaka? atau cuma bercak (tompel/tembong) warna kebiruan saja?

  9. Nerusin yang kemarin pak bos..ternyata setelah saya cari” artikel tentang jalak suren..
    Yang harga 950 itu jalak suren jawa..
    Hahaha…
    Sedangkan yang saya maksud meraaahh banget itu kan jalak suren malaysia..
    Kalo js lokal kan jambulnya item paruh pendek
    Kalo malay paruh panjang merah jambul putih

    Saya pengen beli di peternak di daerah klaten sana..tapi gimana cara bawanya?rumahku blitar om
    Ada saran ga?
    Ngebet banget punya js 2 dirumah buat temen kacer ane (⌣́_⌣̀) (⌣́_⌣̀)\(‘́⌣’̀ )

  10. [URGENT]Pak Bos, mau konsul.
    JS saya sudah bertelor mungkin sebentar lagi menetas.
    Konsul bos
    1. Apakah setelah bertelor JS akan langsung mengerami telurnya, ataukah seperti ayam telor sampai puas baru mengerami? Maklum saya gak berani terlalu sering liat sangkarnya, bahkan sama sekali tidak berani.
    2. Bagaimanakah manajemen pakan jika saya ingin agar anakan JS dirawat oleh induknya? haruskah saya sodorkan pakan (jangkrik) ke induknya tiap jam atau bagaimana?

    salam hormat.
    IBN

  11. @ibnu. Gini boss, biasanya JS bertelur 3. Stelah 14 hari dierami (hari ke.15) yg sering terjadi akan menetas 1 butir dulu, hari berikutnya menetas lg 2 atau 1 berturut2. Silahkan disimpulkan sdiri kapan JS mulai mengeram, bukankah hr pertama bertelur sdh mulai dierami ? Soal pembesaran anak oleh induk, sy sendiri blm pernah mencoba (tdk efisien waktu produktifnya, jangka waktu induk menyuapi anaknya harusnya sdh beranak lg), hny sj ada teman yg nyoba mmang bisa dg pemberian makanan alami yg cukup.

  12. salam hangat wat temen2q di klaten….surono..penangkar jalak suren…pak mulyadi..penangkar parkit…dari yudianto di kebumen,kpn2 q mampir bro

  13. Saya punya induk an jalak suren , tapi telurnya tidak mau menetas , gimana solusinya , tolong di bls

  14. @agus rizky. Jalak bertelur tdk mau menetas penyebabnya sangat panjang bila diuraikan. Akan sy coba menyederhanakannya dlm 2 kategori :
    1.Telur infertil (tdk isi), tdk terjadi pembuahan sel sperma jantan ke sel telur betina
    *induk jodoh tetapi jantan tdk mengawini betina (istilahnya hny telur gemuk/kosong)
    *induk kawin tetapi salah satu (atau kedua) induk mandul
    *induk kawin tetapi salah satu (atau kedua) induk terlalu tua / terlalu muda
    2.Telur fertil (isi), terjadi pembuahan dan secara prinsip telur bisa menetas. Telur tdk menetas krn “masalah dlm proses pengeraman”
    *kedua induk berebut mengerami
    *induk betina terganggu mengerami krn jantan birahi selalu mendekati betina
    *induk betina over dlm menjaga telur, shg terlalu sibuk mengusir jantan yg mendekat dan bisa berujung bertarung
    *sarang terlalu sedikit shg telur terlalu ekstrim bergerak kesana kemari.
    Krn faktor2 tsb proses pertumbuhan embrio terganggu dan telur mjd “kopyor”
    NB : ada 1 lg kategori tambahan, telur isi tetapi dg pengeraman yg baik tdk bs menetas, krn kualitas telur kurang baik. Bisa krn induk tdk sehat, kurang nutrisi, sdh terlalu tua.

  15. Saya punya JS 20 psg, ada sebagian beli indukan ada sebagian beli muda umur 6 blnan, sekarang sebagian besar sdh bertelur semua, kendala2 yg sy hadapi adalah:
    1. Indukan sdh ada produksi, sdh bisa menetas, kemarin ada 8 ekor anakan, sd sekarang yg hidup cuman 1 ekor, lainnya mati. Untuk bertahan hidup anakan dari 0 hr sd umur 1 bln, gimana caranya? Kebanyakan anakan mati stlh umur 1 minggu dgn didahului tanda2 megap2 terus tdk mau makan terus mati, apa ada obat khusus untuk piyikan umur 0 hour sd umur 1 bulan? Atau mungkin asupan makanannya kurang bergizi? Tolong diberi pencerahan!
    2. Indukan yg beli umur 6 bualan bertelunyra 5 biji, apa itu wajar? Atau mungkin JS ku itu betina betina? Tapi dlm kandang akur tdk pernah bertengkar.

  16. 3. Asupan makanan utk Jalak Suren indukan yg sedang bertelur, indukan yg sedang mengerami, indukan yg habis mengerami, indukan yg beum pernah produksi: Ekstra Fooding jangkrik berapa ekor per hari?
    4. Foor yg cocok utk ternak Jalak Suren apa jenisnya? Saya biasanya pakai foor ayam BR atau 511.
    5. Gimana prospek kedepannya penangkaran Jalak Suren?

  17. @@agus rizky, maaf rupanya ada yg tertinggal uraian sy yg terdahulu soal telur tdk menetas. Sy menguraikan panjang lebar tentang telur fertil dan infertil tetapi tdk memberi penjelasan spt apa telur tersebut dlm pengamatan fisiknya. Mungkin bos Agus atau yg lain mjd bingung ? Satu cara yg biasa saya pakai dan sangat sederhana mudah dilakukan.
    1. Siapkan lampu senter yg cukup terang, tutup kaca depan dg kertas karton dan lubangi ditengahnya sebesar kelereng-kurang lebih diameter 1 cm
    2. Ambil telur yg dierami induknya PADA HARI KE-5 dr mulai telur pertama keluar. Ambil SATU BUTIR dg hati2 jangan diputar2.
    3. Taruh telur DIATAS LUBANG KACA lampu senter, nyalakan senter.
    Telur yg fertil/isi/bisa menetas akan tampak jelas serabut , jalur2 spt akar berwarna merah. Klau kebetulan yg diamati baru dierami 3 hari yg tampak adalah KUNING TELUR SEPERTI MELELEH MJD BERUKURAN LEBIH LEBAR, ini proses awal sbelum jalur2 darah muncul. Sedangkan telur yg infertil/tidak isi/tidak bisa menetas hanya tampak KUNING TELUR DG UKURAN TETAP, TDK MELELEH, TDK TUMBUH JALUR DARAH
    4. Kembalikan telur ke sarang setelah ditandai dg pensil. Ambil dan amati telur yg lainnya.
    N.B. : mengapa hari ke-5 ? Maksudnya diharapkan semua telur mestinya sdh tampak proses perkembangannya bila memang fertil. Mengapa tdk hari ke-10 atau bahkan hari ke 14 sj ? Diharapkan telur pd kondisi belum “KOPYOR” krn proses pengeraman. Telur fertil dan infertil bisa mpy kenampakan fisik yg sama ketika “KOPYOR” dimana telur yg terlalu sering bergerak, terbalik, berputar dg ekstrim tdk akan menetas dg kenampakan KUNING TELUR SPT PECAH BERCAMPUR DG PUTIH TELUR, KADANG ADA GELEMBUNG UDARA dan ini bisa berasal dr telur fertil maupun infertil.
    Tmks

  18. @arif seno w, sorry bos arif baru respon, sangat lama sy tdk online lg menikmati lebaran he he
    1. Piyik jalak mati. Maaf yg sebesarnya, sy tdk bs memberi jawaban yg memuaskan. Pertama, usaha penangkaran sy memang tdk mengambil fase pembesaran piyik dr pecah telur jd tdk mendalami. Kedua, dr teman2 sekitar jg blm ada informasi yg valid penyebab masalah tersebut. Walaupun merugikan namun kematian piyik tetap tdk membuat putus semangat bagi yg mengambil usaha fase ini. Contok kongkritnya, kakak sy pernah membesarkan piyik dr pecah telur “dengan box baru” sejumlah 32 ekor, yg mati 16 ekor dg kasus sama persis dg kasus bos Arif. Klau penyebabnya box yg terkontaminasi penyakit mestinya tdk krn box baru. Klau ada piyik yg sakit lalu menular, mengapa jg tdk mati semua sedangkan pembesaran tetap dilanjut dg box yg sama. Klau penyebabnya makanan yg disuapkan, entahlah . . .kesalahan jg tdk diketahui
    2. Induk jalak bertelur 5. Kemungkan 99 % adalah betina semua, dan sdh beberapa kali ada kasus spt itu. Indukan jantan vs jantan atau betina vs betina tetapi menunjukkan “tanda2 jodoh berkicau sahut2an” sudah biasa terjadi.

  19. @arif seno w.
    3. EF unt siapan indukan muda blm bertelur dan indukan sdg mengerami diberi pagi 3 ekor jangkrik sore 3 ekor jangkrik unt 1 ekor jalak sudah cukup unt menjaga stamina jalak dan kebutuhan gizinya. Khusus unt siapan indukan yg sudah cukup umur/sdh dewasa dan indukan stelah mengerami sampai bertelur sebaiknya EF ditambah bisa 5 ekor pagi 5 ekor sore (atau sampai burung merasa cukup, bahkan siang diberi EF jg tdk masalah). Maksud khususnya adalah krn jangkrik mpy kandungan protein yg tinggi bisa unt meningkatkan birahi agar indukan cepat kawin.
    N.B.: cermatilah dlm memberi EF cacing. Protein cacing memang tinggi dan bagus, tetapi sebaiknya “jangan sampai berlebihan”. Berdasar pengalaman akibatnya adalah : sering terjadi indukan mjd bersifat buas dan bertarung antara jantan betina. Akibat lain adalah bulu rontok lalu berhenti bertelur.
    4. Poer/pur/voer yg cocok unt jalak adalah konsentrat unt anak unggas puyuh, ayam. Bisa dg BR.1 atau yg lain. Apakah bagus bila diberi konsentrat unt puyuh/ayam petelur dg harapan produksi telur meningkat dan stabil ? Tidak. . .dr pengalaman jalak memang bertelur tetapi hanya telur infertil saja.
    5. Prospek budidaya jalak suren menurut analisa kondisi dr waktu ke waktu sampai saat ini, rasanya ke depan msh sangat bagus sangat menjanjikan keuntungan.
    Tks

  20. bos,numpang nanya kalo betina umur,2 bulanan ciri2nya gmna,and jantan juga.umur,masih 2bulanan,kan pasti ada bedanya,layaknya anak ayam,dan merpati,gitu,tp kalo jalak suren ane blum tau..di tunggu konfirmsinya,sms.087823651089.trimakasih,semoga amal bp,ada balasanya,1000*amin3 yarobal alamin..

  21. Konsul lagi bos,
    Saya baru saja menjodohkan JS usia dewasa, keduanya sering berkicau bersahut2an dan sama-sama membuat sarang.
    Yang saya bingungkan adalah : Sudah lebih dari satu minggu kuduanya membuat sarang tapi tidak kunjung bertelur, Kira Penyebabnya apa dan Solusinya bagaimana ya bos?
    Trims

  22. @ibnu hajar. Boss Ibnu cobalah ini brkali bs membantu msalah:
    -Pastikan. . .kedua jalak tsb adalah jantan dan betina. Krn di kalangan penangkar sdh biasa terjadi jantan vs jantan atau betina vs betina tetapi menunjukkan tanda jodoh, kadang baru ketahuan ketika betina vs betina bertelur 5 atau lama tdk mau bertelur unt jantan vs jantan. Ini bisa tjadi bila dulunya dijadikan indukan ketika blm jelas jenis kelaminnya/dr burung muda.
    -Bila sdh pasti jantan dan betina, cobalah pemberian EF jangkrik ditambah unt memperbaiki kondisi fisik burung dan meningkatkan birahi.
    -Bersabarlah boss 1 minggu belumlah waktu yg lama unt menanti dan memiliki “sebuah ATM” he he tunggu beberapa lama lg smoga jalak sgera bertelur dan menetas

  23. Terimaksaih “fast responnya” …
    Mudah-mudahan bukan jantan vs jantan, he he he..
    JS JS ini mulai saya jodohkan pada usia lebih dari satu thn,
    JS 1 ada tanda kebiruan di dekat kloakanya, JS 2 daerah kloakanya tampak polos – polos saja.
    Baiklah…Baiklah…Baiklah…Baiklah…Baiklah…Baiklah…
    Baiklah…Baiklah…Baiklah…
    Akan saya tunggu.. nggu…nggu…ngguu…

  24. mas…..sy punya jalak suren usianya skitar 9 bulan ( beli dari temen)..kicauannya berisik buanget ( saya sangat senang )…yang saya tanyakan ( saya pemula plihara burung ) :
    1. Bagaimana perawatan yang bagus terhadap JS saya ( maksudnya makanan harus yang bagaimana, slama ini makan voer , apakah ada makanan tambahannya ), apa ?
    2. Apakah kita wajib memandikan/menyemprotinya tiap hari ?
    3. oh ..iya mas…JS saya suka makan daging ayam mentah yang saya potong kecil kecil lho…apakah ada dampaknya ?
    4. Lalu brapa idelanya ukuran sangkarnya ( slama ini saya pakai kurungan ) di gantung depan rumah / teras ?
    5. Berapakah umur normal JS itu mas ?
    mohon di bantu ya…mas…krn saya ingin JS itu tetap sehat dan berkicau seharian.

  25. @seno. JSnya gacor banget ya boss. . Sbenarnya unt perlakuan khusus thd JS kicauan akan lbh banyak boss jumpai di forum burung berkicau, silahkan browsing ya. Sy memberi jawaban sebatas kacamata sbg penangkar JS, krn secara khusus sy tdk pernah merawat dan memperhatikan kicauan JS satu persatu. Klo lg nyantai yg saya lakukan adalah bikin kopi 1 cangkir, ambil kursi, lalu duduk diruangan kandang2 penangkaran yg berderet he he kicau mrk sangat ramai boss krn banyak, asyik sambil mengamati indukan yg membuat sarang dll.
    1. Makanan yg bagus. Voer mrp makanan yg sdh umum misalnya BR.1 dan sejenisnya yg dijual kiloan. Unt yg kualitasnya lbh bagus dikemas dg puluhan merk dg kemasan lbh kecil tetapi harga lebih mahal. Mana yg lbh bagus? Sy tdk tau boss krn stiap produsen dlm kemasannya sama2 meng.klaim paling cocok paling bagus unt burung berkicau. Soal kandungan nutrisi misal Vitamin dan Mineral yg tercantum. . .ya mungkin sbagian benar2 sesuai dg kandungannya he he, toh kalau ada yg membeli voer kemasan karung lalu dikemas ulang 200g jg tdk ada yg akan khusus meneliti. Jalan terbaik adalah : meniru teman2 sj voer kemasan yg “terbukti bagus” merk apa. Makanan tambahan yg bagus kroto semut ngangrang, jangkrik, cacing. Buah pisang kepok bs jg diberikan tp tdk terlalu suka sbgmn Jalak Putih
    2. Memandikan atau menyemprot sebaiknya memang stiap hari. JS mrp burung yg sgt suka mandi. Dlm sangkar penangkaran yg ada tempat air besar JS stiap hari pasti mandi aplg klo air habis diganti tdk peduli sdh jam 17 sore JS tetap nyebur ke air. Coba amati ketika t4 air minum dikandang kecil habis diganti airnya, walau tdk cukup unt berendam tp JS berusaha cuci muka kan? Kepalanya dimasukkan air minum lalu berusaha diratakan ke bulu2 badannya.
    3. Efek daging ayam mentah? ? Wah boss Seno rupanya bereksperimen ya. Akibat negatif tdk tau ya boss, dulu waktu kecil ayah jg suka memberi JS piaraan yg kicauan dg “nasi diberi kuah sayur tempe pedas” dan si JS jg lahap tuh tdk ada efek.
    4. Ukuran kandang yg ideal bagi JS ya tentunya smakin besar smakin ideal, dan yg ideal ya di alam bebas. Tp klo ideal unt penangkaran skitar 1m x 1m x 2m sdh bagus. Unt kicauan krn perlu kemudahan unt merawat memindah unt menjemur jg, dg sangkar keci skitar 50cm x 50cm x 70cm sdh mencukupi, burung cukup leluasa. Klo sangkar yg lbh besar nti mjd agak aneh ya krn tdk lazim misal menggunakan sangkar Murai yg notabene ukurannya besar agar ekor panjang Murai tdk 4. Ukuran kandang yg ideal bagi JS ya tentunya smakin besar smakin ideal, dan yg ideal ya di alam bebas. Tp klo ideal unt penangkaran skitar 1m x 1m x 2m sdh bagus. Unt kicauan krn perlu kemudahan unt merawat memindah unt menjemur jg, dg sangkar keci skitar 50cm x 50cm x 70cm sdh mencukupi, burung cukup leluasa. Klo sangkar yg lbh besar nti mjd agak aneh ya krn tdk lazim misal menggunakan sangkar Murai yg notabene 4. Ukuran kandang yg ideal bagi JS ya tentunya smakin besar smakin ideal, dan yg ideal ya di alam bebas. Tp klo ideal unt penangkaran skitar 1m x 1m x 2m sdh bagus. Unt kicauan krn perlu kemudahan unt merawat memindah unt menjemur jg, dg sangkar keci skitar 50cm x 50cm x 70cm sdh mencukupi, burung cukup leluasa. Klo sangkar yg lbh besar nti mjd agak aneh ya krn tdk lazim misal menggunakan sangkar Murai yg notabene ukurannya besar agar ekor panjang Murai tdk 4. Ukuran kandang yg ideal bagi JS ya tentunya smakin besar smakin ideal, dan yg ideal ya di alam bebas. Tp klo ideal unt penangkaran skitar 1m x 1m x 2m sdh bagus. Unt kicauan krn perlu kemudahan unt merawat memindah unt menjemur jg, dg sangkar keci skitar 50cm x 50cm x 70cm sdh mencukupi, burung cukup leluasa. Klo sangkar yg lbh besar nti mjd agak aneh ya krn tdk lazim misal menggunakan sangkar Murai yg notabene ukura

  26. nya besar agar ekor panjang Murai tdk rusak.
    5. Umur JS yg wajar krg tau jg boss, tp dlm penangkaran bs sampai 50 kali bertelur anggap sj 5 tahun produksi. Unt rentang “berkicau bagus”nya entahlah mungkin smakin tua smakin merdu atau bs jg mjd serak he he

  27. @galang r.a. Kandang dlm gambar maksudnya yg berderet itu boss? Itu kandang jalak baru dibuat blm dipasang atap, pintu kandang, kawat strimin dll. Harga jalak suren cukup stabil, saat ini harga bs dikatakan tetap dibanding harga yg sy infokan walaupun sdh cukup lama. Harga skr Sept’12
    -piyik pecah kulit 155rb/ekor
    -piyik msh disuapi voer basah 500rb/pasang
    -piyik makan sendiri voer kering 600rb/pasang
    -anakan sdh ganti bulu dewasa 725rb/pasang
    -jalak suren dewasa 1,1jt/pasang
    -jalak suren sdh jodoh 1,25jt – 2,5jt / pasang

  28. Trima kasih bos atas jawabanya……jd ngebet ni png ke klaten…..bos…. Cra membawanya tu bos yg sedang saya pikirkan……kalo naik motor kira kira gi mana y bosss…yg saya takutin…..nanti sudah beli d bwa pulang malah modarrr…..sex lg trims bosss….semoga usaha jlk surennya makin suksess…..

    • 1. Bos ini sy mau cari 5 ekor calon indukan siapan Jalak Suren JANTAN yg. Umurnya sekitar 1 tahunan, apa bisa bantu bos? Lokasi saya di KUDUS.
      2. Atau indukan yg sdh produksi yg jaminan istimewa produksinya. 4 pasang!

  29. @arif seno w. Maaf boss terlalu lama sy tdk buka blog ini, tdk bs respon cepat karena alatnya tdk ada he he Handphone sy jatuh dan terlindas rusak, jd tdk bs online pake hp yg skaligus jg sy fungsikan sbg modem laptop.
    1. Unt siapan indukan ada boss :
    -blm jodoh tp sdh jelas jenis kelamin (skitar 1 tahun)
    -blm jodoh dan blm jelas jenis kelamin (skitar 8 bulan)
    -sdh jodoh dan sdh pasti jenis kelamin
    -sdh jodoh tp blm jelas jenis kelamin
    #khusus JANTAN 1 tahun ada tp memang stok agak kurang krn cepat laku dimana dicari oleh penangkar dan jg oleh penghobby kicauan
    NB. Tetapi sy tdk tahu pengirimannya boss, blm pernah nyoba paket Herona atau yg lain
    2. Indukan spesial ada
    NB. Tetapi sy akan memberikan sdikit cerita benar2 terjadi.
    *)pernah seorang penangkar besar krn suatu alasan menjual sebagian jalak surennya yaitu skitar 60 pasang indukan produktif. Kakak sy kebagian kesempatan pertama kali memilih dan membeli 10 pasang, 4 diantaranya unt saya he he lumayan harga murah. Sampai rumah. . . 1 bln. . .2 bln. . .3 bln blm ada yg bertelur bahkan semua pasangan bubar. Pd akhir cerita sbagian dijual lg, sbagian disilangkan antar indukan, sbagian bs produksi lg stelah skitar 4 bln.
    **)oom sy membeli 7 pasang indukan dr saudaranya yg kbetulan akan keluar negeri jd smua peliharaan tdk ada yg memelihara. 4 diantaranya induk produktif sisanya blm bertelur. Hasilnya. . .smua pasangan bubar dulu sbelum akhirnya kembali produksi lg.
    MAKA. . .seyogyanya unt membeli indukan produktif pembeli datang melihat membuktikan langsung burung yg akan dibeli, agar jgn sampai nantinya pembeli merasa ditipu, kecuali memang sdh ada kepercayaan antara pembeli kpd penjual.

  30. @Bidadari kecil… Maaf om boleh nanya, contact personnya gimana Om ! Kalau mau beli tapi saya lokasi didepok. bisa nggak dikirim ?

  31. Update harga, awal Nop’12
    *piyik pecah kulit 175rb/ekor
    *piyik makan voer kering 650rb/pasang
    *ganti bulu, umur skitar 5 bulan 800rb/pasang
    *jantan dewasa 650rb/ekor
    *betina dewasa 550rb/ekor
    *bakal indukan muda 1,2jt/pasang (sdh jodoh)
    *bakal indukan dewasa 1,4jt/pasang (sdh jodoh)
    *indukan produktif . . ? ? ?

  32. @eka, anonymous : iya boss harga skr posisi sdg bagus smoga trend tetap stabil / naik. Gmn ya boss. . .misi sy sbenarnya berbagi ilmu informasi ttg jalak suren. Klo sy memberikan CP bukankah sy nti cenderung ke arah bisnis he he he. Nyari JS yg usia berapaan boss Eka? Coba jalan2 ke daerah Jimbung ya (baca komentr lg) pasti menjumpainya dipinggir2 jalan utama dan jg di jalan2 kampung. Smoga disana kita bs bertemu boss.
    NB: saat ini dirumah hny tsedia bakalan umur kurang 5 bulan skitar 100 ekor.

  33. @eka. Boss Eka klo yg dimaksud incubator adl kotak penghangat unt piyik buatnya cukup mudah, bisa berupa kotak kayu yg diberi lampu bohlam 10 Watt. Piyik ditaruh dibawah lampu tp dikira2 jgn terlalu panas, skitar 1 jengkal jaraknya. Piyik ditaruh dlm besek yg diisi daun cemara kering atau kain atau media lain yg dibuat cekungan2 kecil agar piyik tdk pindah kemana2 plus menghindari cacat kaki split/mengangkang (bila piyik diletakkan pd alas yg halus misal triplek pny resiko tinggi cacat split krn otot kaki msh lemah). Bila dirasa sdh cukup besar dan kuat tdk masalah beberapa ekor bersama2 ditempatkan dlm besek tanpa alas daun lg. Sedangkan bila yg dimaksud incubator unt menetaskan telur sangat dianjurkan ditambah dg pengatur temperatur krn embrio sangat sensitif terhadap perubahan temperatur (thermostat, harga skitar 30rb). Prinsip kerjanya thermostat akan memutus aliran listrik bila temperatur sdh mencapai derajat yg dikehendaki, mengaturnya dg cara mengulir baut sj. Smoga sy bs secepatnya menulis khusus mengenai penetasan telur dg incubator, foto2 sdh ada kok.

    • Bos ini mau nanya lagi nih! Kemarin aku netaskan 40 telur JS, tapi tdk ada yg netas, padahal setelah sy pecah telurnya 75% ada piyiknya tapi sdh busuk, apa ya penyebabnya? Apa suhu mesin penetasnya (36 sd 38 derajat)? Apa cangkang telur terlalu kuat sehingga piyik tdk kuat memecahnya? Atau sebab apa ya bosss? Wah! Aku pusing nih bosss! Tolong dibantu pencerahannya! Terima kasih.

  34. @arif s.w. Wah boss Arif rupanya pny indukan banyak skali ya, slain JS apa sj yg ditangkarkan boss?
    Soal incubator yg gagal menetaskan telur, pd dasarnya memang sgt jauh lebih rumit drpd menetaskan telur ayam / puyuh. Mungkin bs dicermati hal ini:
    1. Temperatur. Sy kira temp 37 atau 38 derajad Celcius sdh pas, tapi hrs yakin temp itu stabil. Incubatornya coba di uji ya boss, pakai thermometer badan sj (unt manusia, yg manual menggunakam air raksa sj bukan elektronik digital). Sifat thermr ini hny mencatat temperatur tertinggi dan angka yg ditunjukkan tdk bs turun sendiri. Letakkan thermo didalam incubator setinggi permukaan atas telur. Lakukan ketika siang hari ketika udara terasa panas, mungkin jam 12-14. Bandingkan dg pengamatan ketika udara kondisi dingin, masukkan therm skitar jam 5-6 pagi. Bila terdapat perbedaan yg signifikan berarti incubator MASIH TERPENGARUH OLEH SUHU RUANG/UDARA SEKITARNYA. Tambahkan 2 kipas kecil berseberangan agar udara berputar dan suhu didalam incub merata.

  35. 2. Pemutaran telur. Bila dlm penetasan telur ayam atau puyuh cukup beberapa kali sj, skitar 3 kali diputar dlm sehari unt menetaskan telur JS harus lebih sering dilakukan. Tanpa pemutaran yg cukup sering embrio sangat riskan mati pd penetasan hari ke.5 s.d. 10 dimana embrio bl diamati dg lampu tampak aktif bergerak spt ubur2 dg tentakel berupa jalur2 darah tampak merah. Tanda embrio yg akan mati mula2 jalur darah memendek, berkurang, akhirnya menghilang seiring dg gerakan inti embrio yg melemah dan akhirnya hny tinggal bulatan hitam yg diam. Usahakan cukup sering memutar telurny boss, tetapi diwaku malam tentu sgt sulit ya, dan disiang haripun tentu sering lupa. Kalau saya memodifikasi incubator dg menambah pemutar otomatis (motor kecil + timer), tetapi bs jg dg membeli incubator otomatis yg siap pakai.
    *Referensi Pemutaran Telur:

    http://www.ehow.com/m/how_5124618_incubate-bird-egg.html

    http://www.treeswallowprojects.com/cincubat.html

  36. Saya peternak ayam bangkok,belum lama sich,tp kupikir pikir onkos sama penghasilan gk imbang,skg sya rencana ternak jalak suren,utk skg brp harga piyik yg sdh makan sendiri dan sdh jelas jenis kelaminnya?

  37. @edi s. Wah boss Edi rupanya nangkar ayam bangkok ya, klu yg bagus mahal ya boss kayaknya bakalan msh muda nyampe 500rb.
    Harga Jalak Suren saat ini :
    *piyik pecah telur 185rb/ekor
    *piyik bisa makan sendiri 300rb/ekor
    *sdh jelas jenis kelamin (umur skitar 10-12 bulan) 550-650rb/ekor
    *bakalan indukan sdh jodoh 1.350rb/pasang
    *indukan sdh jadi/produktif 2jt/pasang

    • Terima kasih sebelumnya kepada pelangi dan bidadari karena mau berbagi ilmu dan pengalaman tentang penangkaran jalak suren karena bagi saya belum berpengalaman dan masih coba2 banyak kendala2 yg sya hadapi. Saat ini sya punya 40 pasang jalak suren dan 20 psng kenari, saat saya sering mengalami kesulitan dlm hal penetasan telur:
      * Kemarin sy kembali gagal menetaskan telur, dari 50 telur semua mati, tidak ada yg menetas padahal setelah saya pecah hampir semua ada embrionya, kira2 apa ya penyebabnya?:
      1. Sebaiknya umur berapa hari telur dipanen dan dimasukkan mesin penetasan? Saya memanen telur dan masuk mesin penetasan pd umur 10 sd 12 hari pengeraman.
      2. Dari telur kemarin yg gagal itu, setelah sya pecah ternyata embrionya sdh lama mati karena belum terbentuk janin burungnya secara utuh, apa itu mungkin embrio mati saat dierami indukya atau saat di mesin penetas ya? saya curiga induknya tdk maksimal mengerami karena induknya jarang ada dikotak sarang.
      3. Apa musim penghujan gini banyak menyebabkan telur infertil ya?
      4. Sebaiknya telur dipanen umur 1 hari atau 5 hari atau 10 hari atau 12 hari ya?

  38. @arif seno w,
    boss Arif selamat ya JSnya sdh produksi banyak
    1 dan 2). Memanen telur umur 10-12 hr mestinya sdh cukup aman, embrio sdh berbentuk. Unt memastikan penyebab embrio mati coba ini bos (sbagian sdh ada pd respon koment)
    -stelah telur diambil teropong dahulu telur, bs dg senter LED yg putih terang, telur diletakkan diatas nyala senter. Amati beberapa saat embrio hidup PASTI BERGERAK. Embrio muda bergerak aktif spt ubur2, embrio yg hampir menetas tampak gelap maka AMATI PADA BAGIAN UJUNG TELUR YG BESAR PAS PADA RONGGA UDARA. Rongga udara tembus cahaya jadi tampak terang, nah pada perbatasan rongga udara dg embrio akan tampak bayangan gerakan dr embrio krn embrio sdh menerobos selaput penyekat rongga udara. Dg cara ini akan diketahui embrio mati didalam mesin penetas atau dlm pengeraman induknya.

  39. *Bila embrio mati ketika proses pengeraman
    -ketika bertelur 1 butir, JS jantan diambil sj, masukkan dlm sangkar kecil dan gantung didepan kandang besar. Cara ini sbg antisipasi gangguan pengeraman krn pejantan birahi, pejantan tetap sibuk menyusun sarang walau betina sdh bertelur atau justru merusak susunan sarang tempat telur, pejantan memaksa unt berganti mengerami telur, betina sibuk mengusir pejantan mendekat sarang shg telur justru terbengkelai. Pejantan digantung didepan kandang besar agar pasangan tetap bs melihat dan saling mendekat adakalanya berkicau bersahutan bercumbu.
    -bila JS jantan sdh dikeluarkan, amati susunan sarang (bisa dg cermin kecil biar praktis), klu sarang kurang banyak atau kurang bagus bisa dibantu dg tangan. Lebih dahulu ambil telurnya, tambahkan daun cemara kering dan susun memutar shg membentuk cekungan, tdk masalah bila dasar cekungan tandas ke dasar kayu kotak sarang justru telur lebih mudah berputar. Kembalikan telur pada sarangnya. Induk betina dihari berikutnya akan melanjutkan bertelur yg ke.2 dan selanjutnya mungkin ke.3 dan 4.
    -usahakan lingkungan kandang terutama yg letaknya suasana tenang agar tdk terganggu manusia secara mendadak, misal ditengok ramai2 oleh teman atau saudara. Ini berbeda dg kandang yg memang letaknya sering dilewati manusia dimana JS tdk mudah stress.

  40. *Bila embrio mati didalam mesin penetas
    -pastikan temperatur stabil, misal 38′ Celcius. Berdasar pengalaman sy sendiri mesin yg tanpa diberi kipas cenderung mpy temperatur kurang stabil, pd malam dan pagi hari udara hangat akan terjebak dibagian atas box mesin tetas shg temperatur bagian bawah-dalam hal ini dipermukaan telur kurang dr temperatur minimum yg disyaratkan (silahkan ditest boss mungkin beda kasusnya). Kasus yg demikian bisa diatasi dg pemasangan 2 kipas (kecil sj) agar udara berputar meratakan temperatur dlm mesin tetas, misal 1 kipas dipasang kanan atas menghadap ke bawah yg 1 dikiri bawah menghadap ke atas. Embrio muda sangat sensitif terhadap temperatur.
    -khusus unt telur yg dimasukkan ke dalam mesin sejak awalnya, maka sejak serabut2 merah jalur darah dr inti embrio cukup banyak sampai menjelang menetas telur wajib diputar (skitar hari ke.5-6 s.d. hari ke.11-12, ada jg referensi yg menyebutkan secara sederhana bahwa 3 hari awal dan 3 hari terakhir telur dibiarkan sj jgn diputar2)

  41. 3). Apakah musim penghujan mempengaruhi fertilitas telur ? Korelasinya blm tahu boss, tetapi memang kondisinya sama saat ini di daerah Klaten jg sdg musim telur JS tdk menetas.
    4). Memanen telur sebaiknya hari keberapa?
    *Yg paling aman stelah dierami 13 atau 12 hari, embrio tinggal menunggu 1-2 hari lg menetas, tdk perlu memutar telur.
    *Mengambil telur dr awal atau ketika embrio msh muda sebaiknya pastikan mesin tetas yg dipakai memenuhi syarat temperatur stabil dan pemutaran telur otomatis, jg kelembabannya terjaga.
    5). Meletakkan telur ? Piyik JS ketika menetas posisi kepalanya dibagian rongga udara telur-pada ujung telur yg tumpul besar. Ketika menetaskan posisikan telur dg ujung tumpul sedikit diatas atau letakkan sj pd alas datar maka bagian telur yg tumpul dg sendirinya sdh lebih tinggi. Khusus meletakkan telur yg hampir menetas misal diambil 1 hari sbelum menetas : amati dg teliti, bila terdapat permukaan kulit telur sdikit menyembul retak posisikan bagian tsb yg diatas atau sdikit kesamping. Retak.an kecil tsb biasanya disebabkan oleh dorongan ujung paruh atau ujung sayap embrio yg siap menetas. Dr bagian tsb nantinya telur akan mulai retak melingkar sampai akhirnya sbagian kulit terlepas didorong kepala piyik.

  42. bos minta saran, biar js punyaku cpt birahi & bertelur, obat2an/vit apa yg hrs saya berikan ? Klo jangkring sudah rutin pg sm sore…sejauh ini burung sudah benar cwe cwo, kreasi sudah bgus. Tp agak liar klo di deketin kandangnya ! Gmn bos ? Minta saran spy jinak dan cepat produksi jg.

  43. @eka putrahadi, pemberian jangkrik ditambah sj boss pagi siang sore, tentang berapa jangkrik smpe JS kenyang jg tdk masalah (klu pemberian cacing secukupnya sj jgn smpe over). Biasakan memberikan jangkrik dg tangan langsung. JS yg jinak bila tahu tuan yg biasanya memberi jangkrik mendekat pasti akan agresif siap berebut. Jangkrik bisa diberikan melalui celah2 kawat strimin, skaligus bs unt mengontrol berapa ekor yg harus diberikan ke JS jantan dan JS betina. Berikan jangkrik dg jumlah lebih banyak ke JS yg kurang gacor, kurang agresif kreasinya alias kurang birahi. Agar JS jinak usahakan lebih sering didekati, atau kandang/sangkar ditempatkan dekat lalu lalang orang. Lama kelamaan JS akan terbiasa dg suasana agak bising tsb. Dan pada umumnya JS yg sdh bertelur beberapa kali secara alami akan mjd jauh lebih jinak. Mengenai vitamin atau obat agar birahi dan cepat produksi silahkan browsing di internet yg bagus apa, ada yg 10rb – 75rb / botol kecil, mungkin bahkan lebih. Klu sy sendiri menggunakan multi vitamin jenis bubuk yg dilarutkan ke air minum. 1 bungkus (@10g) Rp5.000 bs unt puluhan liter air minum.

  44. @anonymous, smpe saat ini harga JP blm kembali naik stelah turun cukup drastis beberapa bulan kmarin, skr msh relatif rendah, smua berkaitan dg rencana penertipan legalitas / sertifikat JP
    @andi, maaf boss sy kurang tahu, sy tinggal di Jimbung, Klaten

  45. Anonymous. Bulan kmarin sempat mau jual JP umur skitar 1 tahun 4 pasang cuma ditawar @2jt. Pdhal 3 bulan sbelumnya sdh ada yg minat 2,5jt, jd tambah dewasa malah harganya turun he he . .tdk untung

  46. Bos, konsul…
    Selama ini saya membiarkan anakan JS dibesarkan oleh indukan. hanya saja beberapa periode penetasan selalu gagal sebab anakan JS diserbu semut. Bagaimana mengatasi semut masuk ke glodog? Adakah semacam bahan pembuat sarang atau obat anti semut yg tidak berbahaya bagi burung?

  47. met siang Om saya rizki dri Bogor Mau tanya?kira2 bwt pemula sperti saya kmungkinan brhasil nya brapa persen y Om?
    trz kl mau cari indukan yg bner2 bagus dan tidak ketipu saya harus nyari alamat om k mana?
    makasi sblum nya

  48. @rizki, selamat malam boss. Untuk budidaya JS :
    *PEMBESARAN
    bisa memilih fase apa sj disesuaikan dg kesanggupan dan kemampuan mengurusnya. Misal bisa memilih dari umur piyik baru pecah telur lalu dibesarkan untuk dijual pada umur piyik bisa makan voer kering, atau dari piyik sdh cukup kuat kondisi makan disuapi voer basah unt nanti dijual pd umur siapan produksi sekitar 10 bulan. Pada prinsipnya dibutuhkan ketelatenan dlm memberi makan dan minum. Pemeliharaan dilakukan secara koloni misal kandang 1m x 1m x 2m diisi 20 ekor. Unt fase msh menyuapi diperlukan waktu luang yg cukup krn relatif sering menyuapi, katakanlah tdk bisa ditinggal pergi pagi hingga sore. Bila sdh bisa makan sendiri lebih mudah, hny perlu memastikan ketersediaan makan dan minum cukup.

  49. *PENANGKARAN
    dalam hal memberi makan dan minum relatif lebih mudah kontrolnya krn 1 kandang hny diisi 1 pasang. Yg lebih rumit adalah dlm hal
    -JS baru diketahui jenis kelaminya dg pasti stelah umur dewasa, sekitar 10 bulan keatas
    -menjodohkan JS yg sdh siapan gampang2 susah, kadang bisa langsung jodoh tetapi kadang walau lama tdk mau jodoh dan perlu ditukar pasangan, maka perlu menyediakan pengganti jantan/betina
    -ada perlakuan2 khusus seperti pemberian EF jangkrik lebih banyak unt indukan yg siap kawin, mengamati karakteristik setiap indukan mungkin ada yg perlu dipisahkan pejantannya pada saat betina mengerami telur krn bertarung atau membuang telur, mencatat tanggal mulai bertelur unt mengetahui kapan menetas
    #Saat ini indukan produktif JS yg baik sekitar 2,5jt/pasang, memilih dan ambil dr indukan langsung dari kandang produksi. Klu indukan blm produksi tp sdh jodoh dibawah 1,5jt.

  50. Om, saya mau curhat. Please kasih solusi. Saya ngloloh anakan JS 6 ekor, itu dr 2 tarangan (selisih umurnya 1hr 1hr). Dr umur 0 sampai 8 hr (paling tua) lolohan berjalan lancar, piyiknya gemuk2 n sehat2. Hr berikutnya ngloloh pg masih lancar, tp siangnya tiba2 semua serentak muntah2 trz jd kurus2. Dan 1/1 mati. Dan skrg tinggal 1 ekor. Apa penyebabnya dan please kasih solusi. Mksh

  51. @Ito, maaf ya boss smpe saat ini sy belum tahu penyebabnya. Dan saat ini pula masalah spt yg boss alami sedang trend di kalangan pengloloh di Jimbung Klaten, yg notabene mrh sdh bpengalaman dg komunitas yg besar shg bs bertukar pengalaman dlm mengatasi. Dr beberapa upaya tetap blm memberikan hasil yg baik:
    1.konon disebabkan kroto yg diberikan sdh terkontaminasi kroto yg sdh busuk, maka hrs benar2 dipilih kroto yg masih utuh tdk pecah aplg berbau. Tetapi mengapa piyik yg sdh tdk disuapi/diloloh kroto dan sdh diganti voer basah jg mati ?
    2.konon krn box/kotak penghangat piyik yg dipakai beberapa kali mjd kotor lalu terkontaminasi kuman penyakit. Tetapi ada yg mencoba meletakkan piyik pecah kulit ke box yg msh baru tetap jg ikut mati sama dg yg lain?
    3.konon perlu vaksin atau obat semacamnya. Sdh dicoba sejauh pengetahuan (msl dg Tetrachlor, multivitamin, dll) hasil jg nihil. Mungkin unt yg ini lebih pas kalau konsult dg dokter hewan/pakar medis yg bs mendiagnosa gejala penyakit dan obatnya
    4.mungkin penyakit musiman spt yg menyerang ayam, tetapi penyakit tdk terlalu berat jd hny berefek pd JS muda krn msh lemah, krn memang kejadian spt tsb tdk terus-menerus. Bisajadi benar klu pengloloh menerima piyik pecah kulit dr luar shg salah 1 ada yg membawa penyakit yg lain kemudian tertulari. Tetapi bgmn dg pengloloh yg piyiknya hny dr penangkaran sendiri, penyakit dr mana ? ? ?

  52. @@@
    *Harga umum 24 April’13, silahkan berburu menelusuri jalan di Jimbung Klaten sambil berwisata boss, sangat banyak penangkar JS.
    -pecah telur 175rb/ekor
    -keluar box, msh disuapi voer basah 295rb/ekor
    -dewasa jantan maks 700rb, betina maks 500rb
    -jodoh blm bertelur 1,4jt-1,6jt
    -indukan produksi 2,5jt
    *Maaf tdk pny teman penangkar di Tegal boss

  53. @@@
    *Harga umum 24 April’13, silahkan berburu menelusuri jalan di Jimbung Klaten sambil berwisata boss, sangat banyak penangkar JS.
    -pecah telur 175rb/ekor
    -keluar box, msh disuapi voer basah 295rb/ekor
    -dewasa jantan maks 700rb, betina maks 500rb
    -jodoh blm bertelur 1,4jt-1,6jt
    -indukan produksi 2,5jt
    *Maaf tdk pny teman penangkar di Kendal boss

  54. Mohon maaf, perkenankan saya numpang iklan,
    Saya mempunyai dua pasang burung jalak suren sudah produksi semuanya, Umur +- 2 th. Burung JS saya ini biasanya bertelur 3 butir dan menetas 2- 3 ekor untuk tiap pasangnya. Karena kesibukan dikantor dan kurangnya waktu untuk merawatnya maka saya bermaksud untuk menjualnya saja, Kasihan burung JS saya ini semua anakannya banyak yang mati hanya karena terlambat memberi makan.

    Bagi rekan2 yang berminat silahkan diborong saja, dibeli pasangan (couple) juga boleh.

    Perihal harga sesuai dengan info dari om “Bidadari Kecil” saja.
    Harga Rp 2.500.000,- / psg
    Borongan Rp 4.900.000.-
    Alamat : Plembutan Timur, RT/W :014/004, Plembutan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta
    SMS : 081 7547 3237

    Hormat saya,
    IBNU

    NB : Mohon maaf saya terpaksa beriklan disini karena saya lihat banyak peminat JS yang berkunjung ke blog ini, dan saya juga mengalami kesulitan beriklan di tokobagus (selalu ditolak)

  55. @Ibnu, waduh maaf skali boss Ibnu saya lama tdk menengok blog ini. Unt manajemen pembesaran piyik JS dg tetap mengikutkannya ke induk secara detailnya sy krg tahu jg boss krn blm pernah mencoba. Klu prinsipnya memang hny menyediakan makanan alami kroto, jangkrik ataupun cacing yg mencukupi bagi induk untuk menyuapi piyiknya. Oiya kok boss Ibnu menanyakan apakah indukannya blm laku, ataukah pny indukan lain lagi? Mungkin teman2 ada yg pny masukan silahkan berbagi ilmu kpd boss Ibnu !

  56. om,… mohon solusinya..ada 2 pertanyaan…
    1. Saya kan berternak/membudidayakan burung jalak.Burungnya sudah menetas dan biasanya berumur 2 hari sampai 2 minggu,kok sering mati.Padahal cara melolohnya sudah benar.Apakah ada hubungannya dengan faktor suhu atau cara menempatkan burung di dekat lampu?
    2. Dan juga,kalau setelah diloloh kadang kadang cegukan,maka apa penyebabnya dan bagaimana cara mengobatinya om?

  57. Mas bray mohon pencerahan….saya beli indukan sepasang…tadinya emang jodoh……tapi sekarang kok jadi bertengkar mulu…..jadi gak mau kawin deh,,,,,caranya gimana mas bray atasi masalah itu…..
    thanks

  58. Mantab nihhh, saya punya jalak keboo hahahah, rencananya pengen beli jalak uren sepasang yg masih muda buat dirumah, buat alarm, kira2 harga sekarang brp ya buat sepasang, rencana 2-3 bln lg belinya, enakan di depok solo ato langsung klaten? Thx

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s